Thursday, April 3, 2014

Mengakali Jam Terakhir dengan Edutainment


Mendapatkan jadwal mengajar pada jam terakhir menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Dengan kondisi siswa maupun yang lelah dan konsentrasinya mulai melemah, sementara guru dituntut untuk menuntaskan beban tugas mengajarnya. Tak banyak guru yang mengisi jam terakhir hanya sekedar untuk mencatat materi, atau memberi pekerjaan rumah. Wal hasil, kegiatan pembelajaran yang berlangsung kurang efektif.
Kemampuan guru untuk mengelola kelas menjadi pertaruhan demi terciptanya pembelajaran yang kondusif. Guru yang memiliki sense Humanizing the Classroom akan memperlakukan para siswanya sesuai dengan kondisi dan karakteristik masing-masing dalam proses pembelajaran. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengakali jam terakhir yang biasanya berlangsung membosankan adalah metode edutainment.
Edutainmen adalah suatu proses pembelajaran yang didesain sedemikian rupa sehingga muatan pendidikan dan hiburan bisa dikombinasikan secara harmonis untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan (Sutrisno, 2005). Biasanya praktik pembelajaran yang menyenangkan ini dilakukan dengan humor, permainan (game), bermain peran (role play) atau demonstrasi. Sebagaimana pengalaman penulis ketika mendapatkan jam terakhir untuk mata pelajaran matematika, menggunakan cara humor dan permainan sebagai asosiasi untuk menerapkan sebuah rumus matematika
Semoga Bapak / Ibu Guru bisa lebih kreatif mencairkan suasana kelas, di tengah kejenuhan dan kelelahan siswa di jam-jam terakhir.

No comments :

Post a Comment