Mendapatkan jadwal mengajar pada jam terakhir menjadi
tantangan tersendiri bagi guru. Dengan kondisi siswa maupun yang lelah dan
konsentrasinya mulai melemah, sementara guru dituntut untuk menuntaskan beban
tugas mengajarnya. Tak banyak guru yang mengisi jam terakhir hanya sekedar
untuk mencatat materi, atau memberi pekerjaan rumah. Wal hasil, kegiatan
pembelajaran yang berlangsung kurang efektif.
Kemampuan guru untuk mengelola kelas menjadi pertaruhan demi
terciptanya pembelajaran yang kondusif. Guru yang memiliki sense Humanizing
the Classroom akan memperlakukan para siswanya sesuai dengan kondisi dan
karakteristik masing-masing dalam proses pembelajaran. Salah satu metode yang
bisa digunakan untuk mengakali jam terakhir yang biasanya berlangsung membosankan
adalah metode edutainment.
Edutainmen adalah suatu proses pembelajaran yang didesain
sedemikian rupa sehingga muatan pendidikan dan hiburan bisa dikombinasikan
secara harmonis untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan (Sutrisno,
2005). Biasanya praktik pembelajaran yang menyenangkan ini dilakukan dengan
humor, permainan (game), bermain peran (role play) atau
demonstrasi. Sebagaimana pengalaman penulis ketika mendapatkan jam terakhir
untuk mata pelajaran matematika, menggunakan cara humor dan permainan sebagai
asosiasi untuk menerapkan sebuah rumus matematika
Semoga Bapak / Ibu Guru bisa lebih kreatif mencairkan suasana kelas, di tengah kejenuhan dan kelelahan siswa di jam-jam terakhir.
No comments :
Post a Comment