Monday, March 17, 2014

Media Pembelajaran Interaktif Mapel IPA



Kurikulum 2013 menuntut pembelajaran berbasis IT, sehingga menjadi hal yang mutlak bagi guru untuk bisa menguasai teknologi pendidikan. Salah satu terobosan terbaru dalam dunia pendidikan adalah penggunaan media pembelajaran yang interaktif dan berbasis IT. Dalam berbagai penelitian menyebutkan bahwa media pembelajaran memiliki pengaruh positif terhadap prestasi maupun tingkat pemahaman siswa. Seperti hasil penelitian Isti Mulyani yang berjudul Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Pracimantoro Wonogiri.
Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas VIII di SMP N 2 Pracimantoro. Terbukti setelah dilakukan pembelajaran pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sebanyak tiga materi, kemudian diambil nilai Pretest Posttest-nya dan dibandingkan rata-rata gain-nya. Untuk materi Gaya dan Berat, rata-rata gain kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol yaitu terpaut 0,21. Pada materi Energi, rata-rata gain kelompok eksperimen juga lebih besar daripada kelompok kontrol yaitu terpaut 0,19. Pada materi yang ketiga yaitu Tekanan Zat Cair, rata-rata gain kelompok eksperimen juga lebih besar daripada kelompok kontrol yaitu 0,18. Dengan demikian, penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 2 Pracimantoro ini memperoleh kesimpulan yaitu penggunaan media pembelajaran berbasis video berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 2 Pracimantoro Wonogiri.
Demi peningkatan prestasi belajar siswa tersebut, saya sajikan beragam media pembelajaran berbasis IT yang bisa Bapak/ Ibu unduh secara gratis.

Adapun cara downloadnya adalah klik link yang sudah disediakan, nanti akan ditautkan ke situs Adf.ly pilih Skip Ad/ Lewati. Setelah itu akan tampil situs tusfile.net. Hilangkan check mark (tanda centang) pada tulisan “Use our download manager and get recommended downloads” kemudian klik download file. Tunggu sampai proses download selesai. 

Silahkan pilih media pembelajaran berikut berdasarkan kategori materinya:

Momentum Tumbukan

Semoga Bermanfaat, dan mohon komentarnya!


No comments :

Post a Comment